Berita Pilihan

Aplikasi Pemesanan Tiket ke Kawah Ijen Sudah Bisa Diunduh

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyuwangi – Tiket masuk ke TWA Kawah Ijen di Jatim akan beralih via online. Traveler yang mau pesan tiketnya, bisa lewat aplikasi yang tersedia di smartphone.

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Timur telah meluncurkan aplikasi tiket online untuk masuk ke kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen. Nantinya, aplikasi gawai pemesanan tiket online mendaki puncak Ijen itu akan resmi berlaku efektif April 2019. Seperti apa tiket online tersebut?

Bagi wisatawan yang hendak melakukan booking tiket pendakian ke Kawah Ijen via online dapat mengunduh aplikasi melalui Google Play Store pada smartphone dengan keyword Ijen Blue Fire.

Sosialisasi sejak Desember diharapkan cukup waktu untuk mengetahui dan menyesuaikan bagi agen travel, masyarakat, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan,” ujar Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur Sumpenah kepada detikTravel, Minggu (6/1/2019).

Aplikasi tersebut tentunya sangat bermanfaat karena wisatawan bisa booking tiket kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke lokasi. Persyaratan pembelian tiket online pun sangat mudah. Wisatawan nusantara cukup menyiapkan KTP, sedangkan bagi wisatawan mancanegara dengan menggunakan paspor.

Dalam aplikasi tersebut user bisa memesan sebanyak 10 tiket dengan memasukkan data sesuai persyaratan, sedangkan jika melebihi dari 10 booking dapat dilakukan esok harinya.

(Ardian Fanani/detikTravel)

Untuk wisatawan nusantara dikenakan tiket sebesar Rp 5 ribu dan Rp 7,5 ribu pada weekend. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara dikenakan sebesar Rp 100 ribu dan Rp 150 ribu pada akhir pekan. Tiket parkir sendiri sebesar Rp 5 ribu untuk roda 2 dan Rp 10 ribu roda 4. Tiket box juga disediakan bagi wisatawan yang belum mengetahui peraturan terbaru.

Pembangunan aplikasi pemesanan online tiket mendaki Ijen juga sebagai upaya membatasi jumlah pengunjung. Sebab, Taman Wisata Alam (TWA) Ijen dikelilingi Cagar Alam Pegunungan Ijen yang sensitif terhadap banyaknya wisatawan.

Sumpenah mengatakan mengenai berapa jumlah maksimal wisatawan yang boleh mendaki puncak Ijen per hari masih dalam pembahasan BKSDA. Belum ada perkiraan kapan pembahasan dan kajian akan selesai dan memutuskan mengenai angka pembatasan jumlah wisatawan per hari yang boleh naik Ijen.

Kita membatasi kuota, dan (menu pesan tiket di aplikasi gawai) akan menutup sendiri kalau kita anggap sudah penuh,” kata Dia.

Sementara aplikasi dalam masa uji coba, belum ada jumlah pembatasan yang diberlakukan. Selama ini kunjungan ke TWA Ijen dari bilangan ratusan per hari di weekday dan selalu lebih dari 1.000 saat weekend.

Tidak hanya di TWA Ijen, aplikasi juga memiliki menu untuk membeli tiket berwisata ke TWA lain yang dikelola BBKSDA Jatim, seperti TWA Tretes, SM Dataran Tinggi Yang dan TWA Gunung Baung. Dalam aplikasi berlogo rusa dengan tanduk bercabang itu juga akan berisi konten-konten informasi terbaru terkait TWA-TWA yang dikelola BBKSDA Jatim. (krn/krn)

Untuk info tour dan travel bisa kunjungi agency untuk sekitar banyuwangi: ijenimpressive.com

 

Penulis: Ardian Fanani – detikTravel