Berita Pilihan

Libur Akhir Tahun, Wisatawan Mulai Padati Wilayah Malang

Tol Fungsional Pandaan - Karanglo

MALANG – Memasuki libur akhir tahun 2018 atau Tahun Baru 2019, wisatawan mulai memasuki Malang, Sabtu (29/12/2018). Wilayah yang dikelilingi pegunungan itu dikenal memiliki beragam destinasi wisata.

Petugas PT Jasa Marga Pandaan Malang mencatat, jumlah kendaraan dari luar kota yang masuk ke Malang melalui jalan tol fungsional itu meningkat.

Terhitung sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Malang mencapai 4.823 kendaraan. Artinya, rata – rata kendaraan yang masuk ke Malang sebanyak 900 kendaraan per jam.

Tol fungsional Pandaan-Malang hanya dibuka satu jalur, yakni dari Pandaan menuju Malang untuk mengurai kepadatan kendaraan yang masuk ke wilayah Malang.

Sejumlah kendaraan saat melintas di pintu keluar Tol Fungsional Pandaan – Malang di Karanglo, Kabupaten Malang, Sabtu (29/12/2018)(KOMPAS.com/ANDI HARTIK)

Paling banyak kendaraan mengarah ke Kota Batu. Ada juga yang ke Kota Malang,” kata petugas piket PT Jasa Marga Pandaan Malang, Uripan Anshori. Di pintu keluar tol Karanglo, Kabupaten Malang, kendaraan akan dihadapkan pada dua ruas jalan.


Jika hendak menuju ke Kota Batu, kendaraan diarahkan untuk lurus. Sedangkan jika hendak menuju Kota Malang kendaraan diarahkan untuk belok ke kiri. Adapun kendaraan yang datang didominasi oleh kendaraan berpelat L atau dari Surabaya.

Ada juga kendaraan pelat W yang merupakan kendaraan asal Sidoarjo dan Gresik. Terlihat juga kendaraan pelat M dari Madura, pelat AG asal Kediri, Blitar, Tulungagung dan Trenggalek dan kendaraan pelat B yang merupakan kendaraan asal DKI Jakarta.

Anggota Turjawali Satlantas Polres Malang, Aiptu Lusianto menyampaikan, kepadatan kendaraan yang masuk ke wilayah Malang terjadi setelah memasuki musim libur akhir tahun. “Arus kendaraan meningkat karena sudah memasuki libur akhir tahun,” katanya.

Diprediksi, arus balik kendaraan dari Malang akan terjadi pada Selasa (1/1/2019). Sebab, pada Rabu (2/1/2019) sejumlah instansi sudah aktif kembali. “Arus baliknya tanggal 1. Pegawai tanggal 2 sudah masuk. Dan anak sekolah sudah masuk. Tetap kami antisipasi,” ungkapnya.

Pada saat arus balik berlangsung, tol fungsional Pandaan – Malang yang berlaku satu jalur dari Pandaan menuju Malang akan diubah dari Malang menuju Pandaan.

 

 

Penulis : Andi Hartik
Editor : Khairina

Comments
To Top