Global

Gempa 7,1 SR Guncang Talaud, tidak berpotensi tsunami

Gempa dengan kekuatan 7,1 Skala Richter mengguncang wilayah Kepulauan Talaud Sulawesi Utara, Sabtu (29/12) sekitar pukul 10.39 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berlokasi di 5.85 Lintang Utara, 126.81 Bujur Timur sekitar 201 kilometer Timur Laut Kepulauan Talaud dengan kedalaman 69 kilometer.

Goncangan bisa dirasakan hingga Morotai, Manado, Ternate, dan Jailolo. Belum ada kabar kerusakan atau korban akibat gempa ini.

Dilaporkan gempa terasa kuat di Kabupaten Kepulauan Sangihe selama 6 detik. Di Kepulauan Talaud, gempa dirasakan sedang selama 4-5 detik. Sedangkan di Kota Manado, guncangan gempa dirasakan lemah selama 2 detik.

BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, dalam rilis yang diterima BBC News Indonesia, Sabtu (29/12).

Rahmat menyebutkan gempa dipicu aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina.


Adapun Badan Survei Geologi AS (USGS) melaporkan gempa berkekuatan 7,2 SR di dekat Pulau Mindanao di Filipina. Pusat gempa berjarak sekitar 193 kilometer dari timur Kota General Santos.

Di sisi lain, Reuters melaporkan, Pacific Tsunami Warning Center menyebut adanya ancaman tsunami di wilayah Pasifik yang “dekat dengan pusat gempa“.

Disebutkan gelombang tsunami hingga 30 cm bisa menerjang pesisir wilayah yang dekat dengan gempa.

GETTY IMAGES/JEOFFREY MAITEM – Pusat gempa berjarak sekitar 193 kilometer dari timur Kota General Santos di Filipina.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina memperingatkan adanya “gangguan di permukaan laut seperti arus yang kuat, serta naik dan turunnya gelombang sangat mungkin terjadi.”

Warga dianjurkan mewaspadai gelombang yang tidak biasa

Lembaga pemerintah Filipina tersebut juga menganjurkan agar warga menjauh dari wilayah pesisir dan mereka yang tengah melaut diminta tetap berada di daerah lepas pantai dan menunggu instruksi selanjutnya.

Pada 12 Februari 2009, Kepulauan Talaud diguncang gempa bumi berkekuatan 7,2 SR. Dilaporkan 64 orang mengalami luka-luka dan 597 bangunan rusak. Gempa bumi ini juga dirasakan di Filipina.

 

Sumber: CNN.com

Comments
To Top