Portal Berita dan Komunitas https://onokopo.com Media Berita dan Aktivitas Komunitas Sat, 31 Aug 2019 18:04:55 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.3 https://i2.wp.com/onokopo.com/wp-content/uploads/2019/08/favicon-saiki.png?fit=32%2C32&ssl=1 Portal Berita dan Komunitas https://onokopo.com 32 32 165878388 Phara Theory merilis koleksi terbaru “Depression XYZ” https://onokopo.com/read/4627/business/phara-theory-merilis-koleksi-terbaru-depression-xyz.html https://onokopo.com/read/4627/business/phara-theory-merilis-koleksi-terbaru-depression-xyz.html#respond Sat, 31 Aug 2019 17:59:19 +0000 https://onokopo.com/?p=4627 Di era serba global dan digital ini, kita dituntut untuk terus dapat bersaing dan bekerja keras demi dapat bertahan dalam gempuran berbagai macam tantangan. Tanpa disadari, seiring dengan rutinitas tanpa henti tersebut tidak hanya kesehatan fisik kita saja yang terkuras, namun juga kesehatan mental. Phara melalui koleksi terbarunya berjudul “Depression XYZ” mencoba untuk memberikan exposure [...]

The post Phara Theory merilis koleksi terbaru “Depression XYZ” appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Di era serba global dan digital ini, kita dituntut untuk terus dapat bersaing dan bekerja keras demi dapat bertahan dalam gempuran berbagai macam tantangan. Tanpa disadari, seiring dengan rutinitas tanpa henti tersebut tidak hanya kesehatan fisik kita saja yang terkuras, namun juga kesehatan mental.

Phara melalui koleksi terbarunya berjudul “Depression XYZ” mencoba untuk memberikan exposure terhadap isu mental health ini. Berangkat dari rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang isu kesehatan mental yang berbanding terbalik dengan tingginya angka depresi saat ini, Phara mencoba untuk menyuarakan akan pentingnya memperhatikan kesehatan mental.

Tidak peduli dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, depresi bisa menjangkit siapa saja, bahkan orang terdekat kita yang terlihat baik-baik saja. Oleh sebab itulah koleksi kali ini mengambil nama “Depression XYZ”, yang mana XYZ sendiri mewakili generasi X, Y, dan Z.

Tema terbaru Phara tersebut juga merupakan salah satu bentuk perhatian Ari sang Creative Director Phara terhadap isu-isu Mental Health yang masih belum banyak difahami oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Selain itu, salah satu alasan terbesarnya adalah terdapat temannya yang pernah berencana untuk mengakhiri hidupnya disebabkan oleh depresi.

Dari situ dia mulai sadar betapa pentingnya mengenali kondisi mental diri sendiri dan orang terdekat kita.

Ada banyak hal yang kita butuhkan akan tetapi tidak diajarkan di sekolah. Tentang berdamai dengan penolakan, putus cinta, diabaikan, serta kegagalan. Kita tidak pernah diberitahu bahwa ada respon dari dalam diri kita bernama kesedihan, ketika ditolak, diacuhkan.” – Ari Creative Director Phara.

Sama seperti kesehatan fisik, setiap orang harus tau kondisi kesehatan mentalnya. Kacaunya kesehatan mental seseorang berpotensi memicu tindakan negatif, seperti self harming hingga percobaan bunuh diri. Dimulai dari hal yang terkecil, apabila kesehatan mental mendapatkan perhatian yang cukup, maka setidaknya kita bisa menyelamatkan diri sendiri serta orang terdekat kita dari tindakan-tindakan negatif tersebut.

Seimbangkan perhatian anda kepada diri anda sendiri dan orang yang anda sayang. Luangkan waktu untuk memikirkan kesehatan mental dan kesehatan fisik anda serta keluarga anda. Kenali kondisi anda dan orang yang anda sayang ketika mulai merasa terbebani akan sesuatu. Selalu terbukalah dengan orang yang anda sayangi.”

Mental illness by Phara.co

Phara juga telah membuat sebuah video pendek tentang dua remaja yang menemui permasalahan dalam hidupnya. Video tersebut menggambarkan bahwa ‘Mental illness’ itu nyata adanya. Kesedihan yang terus menerus, menyalahkan diri sendiri secara berlebihan adalah contoh hal serius yang wajib kita ketahui.

Kunjungi website mereka di : http://www.phara.co

https://facebook.com/phara.co

The post Phara Theory merilis koleksi terbaru “Depression XYZ” appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4627/business/phara-theory-merilis-koleksi-terbaru-depression-xyz.html/feed 0 4627
Malam 1 Suro, Ini beberapa amalan yang diajurkan Rasulullah di bulan Muharram https://onokopo.com/read/4623/general/malam-1-suro-ini-beberapa-amalan-yang-diajurkan-rasulullah-di-bulan-muharram.html https://onokopo.com/read/4623/general/malam-1-suro-ini-beberapa-amalan-yang-diajurkan-rasulullah-di-bulan-muharram.html#respond Sat, 31 Aug 2019 17:53:57 +0000 https://onokopo.com/?p=4623 Terdapat berbagai amalan yang bisa dijalani umat islam di bulan Muharram atau Tahun Baru Islam 2019. 1 Muharram 1441 H bertepatan dengan malam 1 suro jatuh pada 1 September 2019 berdasarkan kalender masyarakat Jawa. Satu suro biasanya diperingati pada malam hari setelah magrib pada hari sebelum tangal satu biasanya disebut malam satu suro. Hal ini [...]

The post Malam 1 Suro, Ini beberapa amalan yang diajurkan Rasulullah di bulan Muharram appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Terdapat berbagai amalan yang bisa dijalani umat islam di bulan Muharram atau Tahun Baru Islam 2019. 1 Muharram 1441 H bertepatan dengan malam 1 suro jatuh pada 1 September 2019 berdasarkan kalender masyarakat Jawa. Satu suro biasanya diperingati pada malam hari setelah magrib pada hari sebelum tangal satu biasanya disebut malam satu suro.

Gambar Ilustrasi: Perayaan Jawa Malam 1 Suro

Hal ini karena pergantian hari Jawa dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam. Muharram merupakan sebuah bulan sakral di dalam kalender Islam. Ada empat bulan haram dalam islam, haram disini memiliki makna sebagai waktu yang diharamkan menzalimi diri dan berbuat dosa.

Dalam QS At-Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman:

{ إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ }

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS At-Taubah: 36)

Gambar Ilustrasi: Doa

Diriwayatkan dari Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

… السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَان.

Setahun terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan, yaitu: Dzul-Qa’dah, Dzul-Hijjah dan Al-Muharram, serta RajabMudhar yang terletak antara Jumada dan Sya’ban.“

Ada sejumlah amalan yang dianjurkan untuk dijalan oleh umat muslim di bulan Muharram atau Tahun Baru Islam 2019 atau malam 1 suro.

Dilansir dari muslim.or.id, berikut amalan di bulan muharram atau tahun baru islam atau malam 1 suro sesuai dengan sunnah dari Rasulullah :

1. Puasa Sunnah Asyura

Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

أفضل الصيام بعد شهر رمضان شهر الله الذي تدعونه المحرم، وأفضل الصلاة بعد الفريضة قيام الليل . رواه مسلم في صحيحه

Puasa yang paling utama setelah puasa bulan ramadhan adalah puasa pada bulan Allah yang kalian sebut bulan muharam, dan sholat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.“ (HR.Muslim)

Rasulullah juga sempat mengatakan bahwa dengan puasa Asyura di bulan Muharram, Ia berharap Allah menghapus doa setahun yang lalu.

((…وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ.))

“… Dan puasa di hari ‘Asyura’ saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu.” (HR Muslim no. 1162/2746).

Puasa sunah Asyura dilakukan pada hari ke-10 bulan Muharram.

Gambar Ilustrasi: The Month of Muharram

2. Puasa Tasu’a

Puasa ini dilakukan sehari sebelum puasa Asyura, yakni pada 9 Muharram. Hukumnya pun juga sunah.

وعن ابن عباس رَضِيَ اللَّهُ عَنهُما قال، قال رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم: ((لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع)) رَوَاهُ مُسلِمٌ.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma dia berkata : ” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR Muslim)

3. Bertaubat

Menyesali atas dosa dan bertekad untuk tidak mengulanginya kembali menjadi tugas manusia seumur hidup. Taubat merupakan karunia dan kesempatan yang diberi Allah untuk kembali kepada-Nya.

4. Memperbanyak Sedekah

Dalam menyambut bulan Muharram diperintahkan agar memperbanyak pengeluran dari belanja kita sehari-hari untuk bersedekah, membantu anak-anak yatim, membantu keluarga, kaum kerabat, orang-orang miskin dan mereka yang membutuhkan.

Semua itu hendaknya dilakukan dengan tidak memberatkan diri sendiri dan disertai keikhlasan semata-mata mengharap keridhaan Allah.

Mengenai hal ini Rasulullah bersabda:

مَنْ وَسَّعَ عَلى عِيَالِهِ وَ أَهْلِهِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ سَائِرَ سَنَتِهِ

Siapa yang meluaskan pemberian untuk keluarganya atau ahlinya, Allah akan meluaskan rizki bagi orang itu dalam seluruh tahunnya.” (HR Baihaqi, No: 3795)

Sumber: Tribun

The post Malam 1 Suro, Ini beberapa amalan yang diajurkan Rasulullah di bulan Muharram appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4623/general/malam-1-suro-ini-beberapa-amalan-yang-diajurkan-rasulullah-di-bulan-muharram.html/feed 0 4623
Vanessa Angel Pingsan Usai Diperiksa 12 Jam di Polda Jatim https://onokopo.com/read/4434/general/read-4434-general-vanessa-angel-pingsan-usai-diperiksa-12-jam-di-polda-jatim-html.html https://onokopo.com/read/4434/general/read-4434-general-vanessa-angel-pingsan-usai-diperiksa-12-jam-di-polda-jatim-html.html#respond Wed, 30 Jan 2019 16:48:02 +0000 https://onokopo.com/?p=4434 Penyidik Polda Jawa Timur memeriksa artis Vanessa Angel selama hampir 12 jam di ruang Subdit V Cyber Crime Diskrimsus Polda Jatim, Rabu (30/1). Usai pemeriksaan, sekitar pukul 22.45 WIB, Vanessa Angel tampak keluar dari ruang pemeriksaan dalam keadaan nyaris pingsan. Wajah Vanessa Angel yang tak mengenakan baju tahanan terlihat lemas. Ia nampak dibopong oleh sejumlah [...]

The post Vanessa Angel Pingsan Usai Diperiksa 12 Jam di Polda Jatim appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Penyidik Polda Jawa Timur memeriksa artis Vanessa Angel selama hampir 12 jam di ruang Subdit V Cyber Crime Diskrimsus Polda Jatim, Rabu (30/1). Usai pemeriksaan, sekitar pukul 22.45 WIB, Vanessa Angel tampak keluar dari ruang pemeriksaan dalam keadaan nyaris pingsan.

Vanessa Angelberjalan masuk ke ruangan pemeriksaan di Gedung Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (30/1). (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Wajah Vanessa Angel yang tak mengenakan baju tahanan terlihat lemas. Ia nampak dibopong oleh sejumlah penyidik dan keluarganya.

Saat mendekati mobil, Vanessa Angel tampak pingsan. “Minggirlah, ini hampir pingsan,” kata salah satu kuasa hukumnya.

Vanessa Anggel menjalani pemeriksaan sebagai tersangka UU ITE dalam kasus prostitusi online. Pemeriksaan dimulai dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 22.45 WIB.

Mendapati Vanessa Angel pingsan usai diperiksa, polisi langsung melarikannya ke RS Bhayangkara, Kota Surabaya. Ia terlihat tak sadarkan saat dibopong ke kursi roda menuju ruang IGD rumah sakit. Hingga pukul 23.15 WIB, Vanessa Angel belum keluar dari ruang IGD RS Bhayangkara.

Vanessa Angel dijerat UU ITE Pasal 27 ayat 1 atas dugaan berperan aktif dalam mempromosikan dirinya melalui media daring kepada muncikarinya untuk dijajakan ke pengguna. Artis FTV itu kini terancam hukuman 6 tahun penjara.

 

Penulis: Jihad Akbar
Editor: Ochi Amanaturrosyidah
Reporter: Yuana Fatwalloh

The post Vanessa Angel Pingsan Usai Diperiksa 12 Jam di Polda Jatim appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4434/general/read-4434-general-vanessa-angel-pingsan-usai-diperiksa-12-jam-di-polda-jatim-html.html/feed 0 4434
Mengkaji Usulan Ahmad Dhani Dipindah ke Mako Brimob Agar Setara Ahok https://onokopo.com/read/4429/general/read-4429-global-entertainment-mengkaji-usulan-ahmad-dhani-dipindah-ke-mako-brimob-agar-setara-ahok-html.html https://onokopo.com/read/4429/general/read-4429-global-entertainment-mengkaji-usulan-ahmad-dhani-dipindah-ke-mako-brimob-agar-setara-ahok-html.html#respond Wed, 30 Jan 2019 16:28:42 +0000 https://onokopo.com/?p=4429 Hari pertama Ahmad Dhani setelah menyandang status tahanan dilalui bersama 300 orang lainnya di ruang sempit, lembab, dengan cahaya redup. Dhani tak lagi menempati singgasananya yang megah saat menjadi bos Republik Cinta Management. Dhani tak lagi tidur di samping Mulan Jameela. Ia duduk di atas kasur yang tebalnya tak lebih dari 10 cm. Di sampingnya, [...]

The post Mengkaji Usulan Ahmad Dhani Dipindah ke Mako Brimob Agar Setara Ahok appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Hari pertama Ahmad Dhani setelah menyandang status tahanan dilalui bersama 300 orang lainnya di ruang sempit, lembab, dengan cahaya redup. Dhani tak lagi menempati singgasananya yang megah saat menjadi bos Republik Cinta Management. Dhani tak lagi tidur di samping Mulan Jameela.

Ia duduk di atas kasur yang tebalnya tak lebih dari 10 cm. Di sampingnya, sedang bersila seorang tahanan lain yang nampak disegani. Kaki kanannya dipenuhi tato.

Dhani berusaha beradaptasi dan tak canggung, meskipun dalam benaknya, pendiri band Dewa 19 itu tahu betul bahwa ia harus menghabiskan 546 hari ke depan bersama orang-orang asing dengan catatan kriminal.

Musisi berusia 46 tahun itu masih menjalani admisi orientasi di ruang penampungan sementara yang overkapasitas. “Kita kapasitas 1.100 orang, sekarang dihuni 4.326 tahanan. Bisa dibayangkan enggak? Over-nya 400 persen,” ujar Kepala Rutan Cipinang, Oga G Darmawan.

Ahmad Dhani di Rutan Cipinang. (Foto: Twitter/@Dahnilanzar)

Selama ini Ahmad Dhani memang dikenal sebagai musisi. Tapi rekan-rekannya yang menjenguk justru orang-orang penting berlabel politikus. Ada Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah hingga Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. Usai menjenguk, keduanya memberikan gambaran akan kondisi Dhani.

Secara fisik dan mental, Dhani tampak baik-baik saja. Tapi Priyo mendengar curhat Dhani yang harus tidur seperti Ikan Pindang. Ucapan Fahri setali tiga uang. Ia pun mengusulkan agar Dhani dipindah ke Rutan Mako Brimob, seperti Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Menurut Fahri, kasus yang menjerat Dhani juga berkaitan dengan Ahok.

Mendengar usulan tersebut, kuasa hukum Dhani, Hendarsam dan Ali Lubis, menilai ucapan Fahri Hamzah masuk akal. “Maksud bang Fahri, mungkin tindak pidana pada mas Dhani ‘kan ini ada kaitannya dengan Ahok. Kalau ada kaitan ke sana harusnya ada persamaan hak. Kalau Dhani tidur sama napi 300 orang harusnya semua kayak gitu,” ucap Hendarsam.

Pertanyaannya, apakah usulan tersebut potensial untuk dilaksanakan? Sekarang mari menengok ke belakang alasan Ahok ditahan di Rutan Brimob.

Awalnya, Ahok akan ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Cipinang setelah divonis 2 tahun penjara karena kasus penistaan agama. Namun, pihak Lapas Cipinang merasa sebaiknya mantan Wakil Gubernur Jakarta era Jokowi itu menjalani hukumannya di Mako Brimob karena alasan keamanan. Saat itu kondisi sosial dan politik memang panas karena kasus tersebut. Jika politikus asal Belitung Timur itu tetap dipaksakan ditahan di Cipinang, mereka khawatir akan mengganggu situasi keamanan di sana.

Ketika itu, Fahri Hamzah juga sempat mempertanyakan alasan penahanan Ahok di Mako Brimob, dan dijawab oleh Kabag Humas Ditjen PAS Kemenkum HAM dengan alasan yang sama seperti pihak Lapas Cipinang.

Kondisi itu cukup berbeda dari yang dialami Dhani saat ini. Menurut kuasa hukum Dhani, Hendarsam, kliennya disambut dengan sangat baik oleh ratusan tahanan di LP Cipinang. Fahri Hamzah juga menyebutkan bahwa ternyata banyak tahanan lain yang merupakan penggemar Dhani.

Ada kekhawatiran dari beberapa pihak. Ada residivis dan Curanmor di dalam, tapi ternyata Dhani enggak takut dan tahanan lain juga respect dan welcome pada mas Dhani. Tadi saya lihat dia dikerubungi seperti pahlawan,” kata Hendarsam.

Saat ini, kuasa hukum sedang mengusahakan agar Ahmad Dhani dipindah ke sel khusus orang tua. Dhani mengaku tak kuat dengan asap rokok dalam sel yang ia huni sekarang.

Kendaraan tahanan Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

Ahmad Dhani dinyatakan bersalah karena melanggar pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang ITE juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) atas tiga twitnya pada 6-7 Maret 2017 yang berbunyi:

Siapa saja yg dukung Penista Agama adalah Bajingan yg perlu di ludahi muka nya – ADP

Sila pertama KETUHANAN YME, PENISTA Agama jadi Gubernur…kalian WARAS??? – ADP

Yg menistakan Agama si Ahok… yg di adili KH Ma,ruf Amin – ADP

Ahmad Dhani dijatuhi hukuman kurungan penjara satu tahun enam bulan. Atas putusan tersebut, Ahmad Dhani dan tim kuasa hukum menyatakan banding.

 

Sumber: Kumparan.com

The post Mengkaji Usulan Ahmad Dhani Dipindah ke Mako Brimob Agar Setara Ahok appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4429/general/read-4429-global-entertainment-mengkaji-usulan-ahmad-dhani-dipindah-ke-mako-brimob-agar-setara-ahok-html.html/feed 0 4429
Pesona Blue Fire Ijen hipnotis wisatawan asal Malaysia https://onokopo.com/read/4422/general/read-4422-nasional-traveling-pesona-blue-fire-ijen-hipnotis-wisatawan-asal-malaysia-html.html https://onokopo.com/read/4422/general/read-4422-nasional-traveling-pesona-blue-fire-ijen-hipnotis-wisatawan-asal-malaysia-html.html#respond Fri, 25 Jan 2019 07:54:40 +0000 http://www.onokopo.com/?p=4422 Kegiatan Famtrip yang diikuti wisatawan Malaysia berdampak baik bagi promosi Banyuwangi. Keindahan alam Indonesia makin membuat para wisatawan dari manapun penasaran untuk menyaksikan langsung. Baru-baru ini, peserta Familiarization Trip (Famtrip) asal Malaysia menyaksikan bagaimana keindahan Kawah Ijen dengan pesona blue fire atau api biru. Famtrip tersebut diikuti media, blogger, dan top agent Malaysia. Semua peserta [...]

The post Pesona Blue Fire Ijen hipnotis wisatawan asal Malaysia appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>

Kegiatan Famtrip yang diikuti wisatawan Malaysia berdampak baik bagi promosi Banyuwangi.

Keindahan alam Indonesia makin membuat para wisatawan dari manapun penasaran untuk menyaksikan langsung. Baru-baru ini, peserta Familiarization Trip (Famtrip) asal Malaysia menyaksikan bagaimana keindahan Kawah Ijen dengan pesona blue fire atau api biru. Famtrip tersebut diikuti media, blogger, dan top agent Malaysia. Semua peserta dibuat terpana. Tak ada satupun rombongan yang terlihat bosan saat berada di Kawasan Kawah Ijen.

Ijen sangat istimewa. Di atas kita bisa melihat Api Biru (Blue fire) yang hanya ada di dua tempat di dunia. Bisa juga lihat danau dengan air berwana hijau di puncak Gunung Ijen, Penambang Belerang yang mencari nafkah dengan mengambil belerang, juga Sunrise di kawah ijen dengan latar belakang Danau yang berwarna hijau. Ini jarang saya temui di tempat lain,” ujar Editor Airline Magazine Malaysia Leon Lim Jake Li, seperti dikutip dari siaran pers yang brilio.net terima, Jumat (18/1).

 

Kawah Ijen adalah salah satu pemandangan terindah yang dimiliki Indonesia. Dari atas tebing Gunung Ijen, pesona blue fire sudah terlihat. Blue fire merupakan proses penguapan belerang yang terlihat berwarna biru terang saat malam hari. Setelah hari mulai terang, sayup-sayup warna blue fire memudar, namun bukan berarti pesona Ijen menghilang. Di bagian lain akan terlihat Kawah ijen yang menawan berwarna hijau toska. Sungguh pemandangan yang memesona. Pemandangan tersebut membuat seluruh peserta famtrip tak lupa mengabadikan fenomena alam.

Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa pun mengamininya. Baginya Kawah Ijen memang hebat. Levelnya sudah kelas dunia. Tidak sedikit artis dan tokoh terkenal yang telah menginjakkan kaki di Kawah Ijen. Sebut saja artis Korea, Lee Si-young atau aktor Gaku Sano, aktor Jepang pemeran utama serial Kamen Rider Gaim pernah mendaki Gunung Ijen.

Sementara sederet artis Indonesia seperti Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Andien hingga Pevita Pearce pernah mengunjungi Kawah Ijen. Bahkan beberapa Menteri Kabinet Kerja juga telah menjajal pesona Kawah Ijen. Ada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan Gubenur BI Agus Martowardojo.

Sengaja kita ajak mereka ke sana untuk merasakan atmosfer magis dari Kawah Ijen. Setelah mereka melihat dan merasakan langsung, mereka pasti akan langsung memviralkannya. Blogger ke jutaan followernya, media ke pembaca setianya, sementara travel agent akan merayu para wisatawan,” kata Kiki, sapaan akrab Rizki Handayani.

Respons Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun positif. Famtrip ini akan berdampak signifikan bagi promosi Banyuwangi. Apalagi mereka diajak merasakan langsung fenomena blue fire Kawah Ijen. Fenomena yang sering disebut-sebut Menpar Arief Yahya sebagai keajaiban kelas dunia. Pada pukul 01.00 sampai 03.00 WIB, akan terlihat blue fire itu. Seperti kompor raksasa, menyala biru, seluas 5 ribu hektare, dan waktunya tidak panjang.

Saya yakin positif pasti. Para media serta blogger ini mempunyai fans yang besar. Itu sebabnya kita mengundang mereka untuk menulis dahsyatnya Banyuwangi. Apalagi mereka melihat langsung blue fire di Kawah Ijen. Sudah pasti mereka terpukau. Karena ini sangat langka, hanya terjadi di Ijen dan Iceland. Saya dulu rajin mendaki gunung, dan Ijen adalah favorit saya,” ujar Arief Yahya. (brl/vin)

Info Agency Tour & Travel: http://ijenimpressive.com

 

Penulis: Syifa Fauziah

The post Pesona Blue Fire Ijen hipnotis wisatawan asal Malaysia appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4422/general/read-4422-nasional-traveling-pesona-blue-fire-ijen-hipnotis-wisatawan-asal-malaysia-html.html/feed 0 4422
Kota Malang ingin Jadi Tuan Rumah yang Baik untuk Wisatawan https://onokopo.com/read/4415/general/read-4415-general-kota-malang-ingin-jadi-tuan-rumah-yang-baik-untuk-wisatawan-html.html https://onokopo.com/read/4415/general/read-4415-general-kota-malang-ingin-jadi-tuan-rumah-yang-baik-untuk-wisatawan-html.html#respond Fri, 25 Jan 2019 07:40:28 +0000 http://www.onokopo.com/?p=4415 MALANG – Pemerintah Kota Malang memprioritaskan kenyamanan wisatawan untuk meningkatkan sektor wisata di Kota Malang. Apalagi, Kota Malang memiliki ikon wisata kampung tematik yang mengharuskan warga setempat harus berinteraksi langsung dengan wisatawan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni mengatakan, masyarakat harus turut serta dalam membangun sektor wisata di Kota Malang. Menurutnya, [...]

The post Kota Malang ingin Jadi Tuan Rumah yang Baik untuk Wisatawan appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
MALANG – Pemerintah Kota Malang memprioritaskan kenyamanan wisatawan untuk meningkatkan sektor wisata di Kota Malang. Apalagi, Kota Malang memiliki ikon wisata kampung tematik yang mengharuskan warga setempat harus berinteraksi langsung dengan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni di sela pembinaan Pokdarwis Kelurahan Rampal Kota Malang, Minggu (13/1/2019).(ARSIP HUMAS KOTA MALANG)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni mengatakan, masyarakat harus turut serta dalam membangun sektor wisata di Kota Malang. Menurutnya, masyarakat Kota Malang harus dibekali dengan wawasan kepariwisataan supaya mampu berkomunikasi dengan baik dengan para wisatawan. “Kota pariwisata telah disematkan untuk Kota Malang. Namun itu tidak bermakna apabila tidak diikuti oleh rasa memiliki dan keterlibatan aktif warganya,” katanya di sela pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Rampal, Minggu (13/1/2019).

Tidak hanya soal komunikasi, Ayu mengatakan, masyarakat Kota Malang harus terus berkreasi untuk menghadirkan suasana baru bagi wisatawan. Ia mencontohkan keberadaan Kampung Warna Warni, Kampung Tridi dan Kampung Biru yang harus terus berinovasi supaya tetap menjadi idola wisatawan.

Wisatawan mengunjungi Kampung Tridi (3D), Malang, Jawa Timur, Minggu (05/11/2017). Ratusan rumah yang berada di sebelah utara Sungai Brantas itu dicat gambar tiga dimensi, mulai fasad, samping, dan hingga ruang tamunya. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO (KRISTIANTO PURNOMO)

Karena menonjolkan pada keunikan lukisan mural tiga dimensi, maka untuk mengantisipasi kejenuhan pengunjung diperlukan kreatifitas warga untuk terus melakukan peremajaan lukisan. Menggali cenderamata yang disajikan dan yang tidak kalah pentingnya karena berada di tengah pemukiman adalah keramahtamahan dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan pengunjung,” jelasnya.

Ayu mendorong terbentuknya Pokdarwis di setiap kelurahan untuk membangun wawasan kepariwisataan di tengah masyarakat. Sampai saat ini, Kota Malang masih memiliki 11 Pokdarwis dari 57 kelurahan yang ada. Padahal, Kota Malang telah menasbihkan dirinya sebagai kota wisata, kota pendidikan dan kota jasa sesuai Tri Bina Cita Kota Malang. “Ada dua hal yang kita tekankan yakni bagaimana mendorong dan memotivasi masyarakat agar menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung kegiatan kepariwisataan serta mendorong dan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan daya tarik wisata,” katanya.

Wali Kota Malang, Sutiaji tidak memungkiri bahwa wawasan kepariwisataan di lingkungan masyarakat Kota Malang masih lemah. Ia lantas membandingkan dengan masyarakat Bali dan Yogyakarta yang dianggapnya telah memiliki etos kepariwisataan yang bagus.

Bus ala Eropa dihadirkan untuk menjelajah Kota Malang.(DOK. malangcity.com)

Masyarakat kita belum seperti Bali maupun Yogyakarta. Darah wisatanya belum sekental dua daerah tersebut. Tapi bukan berarti kita tidak bisa. Saya yakin dan saya percaya bisa,” katanya. Sutiaji mendorong berdirinya Pokdarwis untuk meningkatkan kesadaran wisata di tengah masyarakat. Sutiaji juga meminta adanya kalender wisata yang permanen dan hotel-hotel yang menyajikan khazanah lokal Kota Malang. Sutiaji juga mendorong sinergitas antara pemerintah di Malang Raya. Yakni Pemerintah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu dalam meningkatkan sektor wisata.

 

Penulis : Kontributor Malang, Andi Hartik
Editor : I Made Asdhiana

The post Kota Malang ingin Jadi Tuan Rumah yang Baik untuk Wisatawan appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4415/general/read-4415-general-kota-malang-ingin-jadi-tuan-rumah-yang-baik-untuk-wisatawan-html.html/feed 0 4415
Ojek Troli hingga Berburu “Blue Fire” di Kawah Ijen https://onokopo.com/read/4399/suaraku-suaramu/ojek-troli-hingga-berburu-blue-fire-di-kawah-ijen.html https://onokopo.com/read/4399/suaraku-suaramu/ojek-troli-hingga-berburu-blue-fire-di-kawah-ijen.html#respond Thu, 24 Jan 2019 09:16:51 +0000 http://www.onokopo.com/?p=4399 Di antara kami berlima, tak seorang pun pernah menginjakkan kakinya di Gunung Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Cerita teman yang pernah mendaki ke kawah Ijen dan informasi para traveller yang diunggah di dunia maya, menjadi kompas dalam berburu “blue fire”. Selepas merayakan Malam Natal di Bali, esok harinya (25/12) sekitar jam 2 pagi, kami bersiap-siap berangkat [...]

The post Ojek Troli hingga Berburu “Blue Fire” di Kawah Ijen appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Di antara kami berlima, tak seorang pun pernah menginjakkan kakinya di Gunung Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Cerita teman yang pernah mendaki ke kawah Ijen dan informasi para traveller yang diunggah di dunia maya, menjadi kompas dalam berburu “blue fire”.

Selepas merayakan Malam Natal di Bali, esok harinya (25/12) sekitar jam 2 pagi, kami bersiap-siap berangkat ke Banyuwangi. “Ya, perjalanan ke Banyuwangi dari Tabanan, sekitar 4 jam” ungkap Wahyu sambil mengemudikan mobilnya.

Lokasi Pengamatan Blue Fire (Dokpri)

Tetiba di Selat Bali, langit sudah terbuka tanda pagi tiba. Sayang awan hitam menggantung sehingga keinginan untuk melihat “sunrise” dari lokasi penyeberangan Gilimanuk – Ketapang tidak tersaji di depan mata. Saat musim liburan itu, kendaraan yang menyeberang ke Jawa, tidak banyak. Masih ada ruang lega di kapal yang kami tumpangi.

Memasuki kota “Gandrung” Banyuwangi, perut kami mulai terasa lapar. Muncul niat kami untuk mencari sarapan kuliner khas Banyuwangi. Nasi Tempong atau “Sego Tempong” Mbok Nah yang terkenal pedas seperti pipi ditampar lantas kami buru pagi itu. Berbekal Google Map, kami menemukan lokasinya. Sayang kami datang terlalu pagi, sehingga lauk dan lalapan sayurannya belum tersedia.

Lembaga Adat (Dokpri)

Karena masih pagi, tak hanya kuliner yang kami cari. Kampung adat Suku Osing, penduduk asli Banyuwangi, kami sambangi untuk menyoba kopi osing yang terkenal rasanya.

Wahyu mengarahkan mobilnya ke Desa Kemiren. Lalu, berhenti di gapura yang terpapang jelas tulisan Desa Adat Osing Kemiren untuk berswafoto. Keunikan desa adat ini, baru “kelihatan” ketika kami berhenti di rumah-rumah yang masih mempertahankan corak dan arsitektur aslinya pada bangunan rumah dan meja kursinya.

Pintu Gerbang Desa Adat Osing Kemiren (Dokpri)

“Saya kira kampung adatnya itu satu lokasi, ternyata terpencar di mana-mana dan berada di antara bangunan rumah warga yang modern” kata saya setelah menyusuri desa Kemiren.

Pos Paltuding

Akhirnya kami memutuskan ke arah Ijen. Tepatnya, menuju Pos Paltuding, pos masuk ke kawah Ijen. Saat tiba di pakiran pos itu, jarum jam menunjuk pada angka 10 lebih. Meski masih siang tapi sudah terasa seperti sore karena mendung.

Peta Wisata Kawah Ijen di Paltidung (Dokpri)

Puncak Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 m dpl. Namun, di pos Paltuding dinginnya udara sudah terasa menusuk tulang.

“Aku mau beli sarung tangan, soalnya tanganku mulai kedinginan” kata saya sambil mengajak Jay, guru Mandarin, yang penasaran dengan “blue fire”. Selain warung-warung, tersedia homestay, tenda-tenda, toilet dan pusat informasi Wisata Kawah Ijen. Saya dengar, menginap di homestay semalam biayanya sekitar 400 ribu rupiah.

Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen (Dokpri)

Pedagang asongan yang berkeliling menjual sarung tangan, kupluk, kaos kaki dan aneka kebutuhan pendakian, menawarkan harga 10 ribu untuk sepasang sarung tangan. Kami beli dua pasang.
“Sebaiknya jangan pakai celana jean, karena bahan kainnya menyerap dingin. Lebih baik celana training karena tahan dari angin dan dingin” kata Wahyu mengingatkan.

Persiapan pendakian ke kawah ijen, karena pintu jalur pendakian dibuka pukul 1 pagi, kami siapkan di warung Ayu di dekat parkiran mobil. Untuk keselamatan kami, diputuskan untuk menggunakan pemandu wisata yang menyediakan masker, senter dan pengawalan.

Ojek Troli (Dokpri)

Pendakian Berburu “Blue Fire”

Malam itu, banyak wisatawan domestik dan manca negara yang akan mendaki ke kawah ijen. Mereka sudah berkerumun di muka loket masuk. Tiket masuk pendakian per orang dikenai Rp. 5.000,- Sedangkan untuk wisatawan asing tiket masuknya Rp. 150.000,- (Hari biasa atau weekday).
“Aku kayaknya nggak kuat naik. Pak tolong dong, carikan ojek troli ya” kata Ina, istrinya Wahyu. Lalu Wahyu segera cari ojek troli yang memang sudah mangkal di pintu gerbang.

Terlambat sedikit, Wahyu tidak dapat troli karena malam itu ternyata peminatnya banyak melebihi ketersediaan troli. Meski harus dibayar mahal, sekitar Rp 700 ribu, tetapi tanjakan sejauh 1,5 km dengan kemiringan 40 derajat, dapat dilibas dengan troli.

Penambang Belerang (Dokpri)

“Pantas kuat, satu gerobak troli ditarik tiga orang penambang” batin saya. Setiap gerobak troli dilengkapi dengan tuas rem untuk kenyamanan penumpang.
Di sepanjang jalur pendakian tersedia tempat untuk istirahat yang dilengkapi toilet. Sayangnya fasilitas umum ini jorok dan terkesan terbelengkai. Konon, ketersediaan air sangat minim.

Di pos bunder, saya sempat ke toliet yang ada penjaganya dan menyediakan air (secukupnya). Untuk keperluan itu, saya merogoh kocek sebesar 10 ribu untuk sekali bilas.

Selama pendakian saya sering berhenti untuk mengatur napas saya yang “ngos-ngosan”. Perjuangan itu akhirnya terbayar hingga sampai di puncak gunung Ijen. Esotiknya kawah Ijen yang berada di bawah punggung gunung, tampak ramai dikerumuni wisatawan.

Banyak Wisatawan Berhenti di sini (dokpri)

“Di mana saya bisa melihat blue fire?” tanya Jay dengan antusiasnya. “Kamu harus turun ke bawah. Mendekati lokasi penambangan belerang di dekat kawah Ijen di bawah sana” jawab saya ke Jay. Lantas Jay berjalan sesuai dengan petunjuk saya.

Jay sudah tak kelihatan lagi. Saya dengan yang lain berhenti di tebing. Di lokasi tempat saya berdiri, kawah Ijen berwarna biru tosca samar-samar terlihat seiring dengan pagi tiba.

Guratan tanah tebing mirip akar pohon, juga mulai tampak. Di sekeliling saya, ratusan wisatawan menikmati eksotisme kawah Ijen dengan berswafoto dan bercengkerama dengan temannya.

Tiba-tiba Jay nongol dan apakah melihat “blue fire”, ia menjawab sudah sampai di tempat para penambang belerang tetapi ditungu-tunggu hingga langit terbuka terang, “blue fire” tak kunjung muncul. “Saya tidak beruntung” kata Jay. Tak lama kemudian, pemandu kirim video blue fire ke hape Jay. Wajahnya sumringah setelah dapat video itu.

Jay bergaya (Dokpri)

Turun Gunung

Menikmati keindahan panorama kawasan kawah Ijen yang indah, dibarengi dengan perjuangan pendakian yang melelahkan, dan melawan dinginnya cuaca yang menusuk tulang, rasa penasaran akan kawah Ijen yang tersohor karena “blue fire” terbayar sudah.

Nilai sebuah perjuangan penambang (Dokpri)

“Akhirnya saya sudah pernah menginjakkan kaki di Gunung Ijen” kata saya seolah-olah baru saja menaklukkan popularitas Kawah Ijen sebagai objek wisata terpopuler di Indonesia.

Vandalisme (Dokpri)

Bagi yang ingin berwisata ke Kawah Ijen, bisa melakukan pendakian di siang hari sebelum jam 12. Jalur pendakian ditutup pada jam 12 siang dan dibuka kembali pada jam 1 subuh. Hanya saja, pancaran “blue fire” dilihat pada saat masih gelap.

 

Salam Koteka!!

Penulis: Tri Lokon
Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan
https://www.instagram.com/trilosnito

The post Ojek Troli hingga Berburu “Blue Fire” di Kawah Ijen appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4399/suaraku-suaramu/ojek-troli-hingga-berburu-blue-fire-di-kawah-ijen.html/feed 0 4399
5 Teknologi Mengerikan yang Bisa Membahayakan Umat Manusia https://onokopo.com/read/4390/global/read-4390-suaraku-suaramu-artikel-tulisan-5-teknologi-mengerikan-yang-bisa-membahayakan-umat-manusia-html.html https://onokopo.com/read/4390/global/read-4390-suaraku-suaramu-artikel-tulisan-5-teknologi-mengerikan-yang-bisa-membahayakan-umat-manusia-html.html#respond Thu, 24 Jan 2019 08:47:52 +0000 http://www.onokopo.com/?p=4390 Sejak revolusi industri yang berlangsung di Inggris, perkembangan teknologi kini sangat maju pesat. Peran manusia perlahan mulai digantikan oleh teknologi. Apalagi semenjak Perang Dunia I, semua negara berlomba-lomba menciptakan berbagai inovasi teknologi, sehingga pada Perang Dunia II peranan alat militer canggih menjadi lebih besar daripada tentara manusia. Namun, perkembangan teknologi yang bermanfaat untuk manusia ini [...]

The post 5 Teknologi Mengerikan yang Bisa Membahayakan Umat Manusia appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Sejak revolusi industri yang berlangsung di Inggris, perkembangan teknologi kini sangat maju pesat. Peran manusia perlahan mulai digantikan oleh teknologi.

Apalagi semenjak Perang Dunia I, semua negara berlomba-lomba menciptakan berbagai inovasi teknologi, sehingga pada Perang Dunia II peranan alat militer canggih menjadi lebih besar daripada tentara manusia.

Namun, perkembangan teknologi yang bermanfaat untuk manusia ini juga membawa dampak negatif, bahkan dampaknya bisa berbahaya seperti bencana.

Nah, berikut ini lima (5) teknologi yang semestinya tidak perlu digunakan ada dan jangan sampai diteruskan karena dampak negatifnya sangat berbahaya.

 

1. Teknologi Replikasi Diri

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Kalau kamu pernah menonton film Doraemon: Nobita dan Labirin Kaleng, maka kamu pasti pernah melihat manusia di planet lain hidup dengan antai karena ada robot yang bisa menciptakan teknologi, sehingga semua hari menjadi Hhri Minggu. Rupanya niat seperti ini sudah dipikirkan sejak 1948 oleh John von Neumann.

Teknologi ini akan sangat menggoda karena dengan cukup membuat satu buah robot atau alat, maka alat itu kemudian mereplikasi diri menjadi banyak alias dia membuat robot lain yang sama persis.

Terbayang bukan, enaknya nanti cukup bikin robot satu saja bisa bikin banyak robot lain, tanpa bantuan manusia. Namun, risiko berbahaya menanti karena jika robot ini memberontak tentu sangat sulit dikalahkan karena mereka sangat cerdas.

2. Senjata Berukuran Nano

Baru-baru ini, Jepang berhasil menciptakan drone terkecil di dunia dengan bentuk yang menggemaskan

Senjata militer kian canggih. Jika dulu harus dikemudikan langsung oleh manusia, maka sekarang hanya perlu kontrol dari jarak jauh. Lihat saja senjata drone yang sudah makin canggih, ada pula senjata drone yang ukuran semakin mengecil seperti teknologi Swarm.

Teknologi Swarm ini akan terealisasi dan memudahkan membunuh target dalam jumlah banyak.

Senjata seperti belalang terbang ini akan sangat susah dibidik musuh. Dalam tempo singkat dengan jumlah yang banyak, maka wilayah musuh mudah dihancurkan dengan senjata berukuran nano ini.

3. Drone Perang

Bahayanya, perang cyber munngkin saja memanfaatkan drone militer dengan cara diretas dan mengancam kita sendiri

Teknologi ini memang sudah ada. Drone perang memudahkan militer menyerang musuh tanpa perlu mengorbankan pilot untuk maju ke garis depan. Perintah yang dimasukkan akan membuat drone dengan melakukan aksi militer untuk menyerang target.

Akibatnya, pengerahan pasukan besar tidak ada gunanya karena hanya akan menjadi sasaran empuk dari serangan drone ini.

Tentara hanya perlu memantau dari pangkalan untuk melihat hasil kerja drone yang dikirim. Sungguh praktis dan sangat efektif.

4. Penjara Virtual

Ilustrasi Bebas Dari Penjara (iStockphoto)

Entah ini teknologi yang keren dan bikin hemat, tetapi sangat menakutkan bagi orang yang menggunakannya.

Penjara virtual adalah teknologi yang diharapkan bisa mengurangi sumber daya pembuatan semacam bangunan penjara.

Narapidana cukup memakai alat ini dan merasakan sensasi satu hari normal bisa seratus tahun lamanya dalam pikiran mereka.

Alhasil, waktu hukuman walau satu hari akan terasa seratus tahun bagi si penjahat. Risikonya penjara virtual ini bisa membuat pikiran si penjahat pecah atau mungkin stres karena saat bebas akan merasakan keadaan yang aneh.

5. Senjata Biologis

Simbol senjata biologis (Wikipedia)

Senjata biologis adalah senjata paling mematikan di dunia. Ia bisa menginfeksi musuh yang dituju dan membuatnya mengalami penderitaan mengerikan.

Awal dari pembuatan senjata ini adalah penyalahgunaan penelitian virus ataupun patogen lainnya yang dimodifikasi, misalnya bisa menular antar manusia padahal sebelumnya hanya dari hewan ke manusia saja. Tentu ini menakutkan sekali kalau dipakai dalam peperangan.

 

 

Reporter: Brilio
Sumber: Brilio.net

The post 5 Teknologi Mengerikan yang Bisa Membahayakan Umat Manusia appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4390/global/read-4390-suaraku-suaramu-artikel-tulisan-5-teknologi-mengerikan-yang-bisa-membahayakan-umat-manusia-html.html/feed 0 4390
Shopee Ungguli Lazada dan Tokopedia Jadi e-Commerce Terpopuler https://onokopo.com/read/4385/business/read-4385-global-tech-shopee-ungguli-lazada-dan-tokopedia-jadi-e-commerce-terpopuler-html.html https://onokopo.com/read/4385/business/read-4385-global-tech-shopee-ungguli-lazada-dan-tokopedia-jadi-e-commerce-terpopuler-html.html#respond Thu, 24 Jan 2019 08:46:13 +0000 http://www.onokopo.com/?p=4385 Jakarta – Sebagai salah satu e-commerce yang rajin mengadakan flash sale, Shopee mencatat pencapaian baru. Perusahaan yang identik dengan warna oranye tersebut kini menjadi e-commerce terpopuler di Asia Tenggara. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (7/1/2019), App Annie mencatat bahwa Shopee telah mendahului Lazada dan Tokopedia soal jumlah unduhan. Aplikasi Shopee kini berada di [...]

The post Shopee Ungguli Lazada dan Tokopedia Jadi e-Commerce Terpopuler appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Jakarta – Sebagai salah satu e-commerce yang rajin mengadakan flash sale, Shopee mencatat pencapaian baru. Perusahaan yang identik dengan warna oranye tersebut kini menjadi e-commerce terpopuler di Asia Tenggara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (7/1/2019), App Annie mencatat bahwa Shopee telah mendahului Lazada dan Tokopedia soal jumlah unduhan. Aplikasi Shopee kini berada di urutan pertama karena paling banyak ter-install di perangkat pintar.

Shopee menjelaskan, kesuksesannya di Asia Tenggara didukung dengan adanya aplikasi versi lokal di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.

Di sisi lain Lazada yang berada di posisi kedua, memiliki konsep one-app yang dapat digunakan di berbagai negara berbeda. Shopee juga menyatakan perannya dalam meningkatkan nilai ekonomi digital di sektor e-commerce Asia Tenggara. Mereka turut andil dalam kenaikan GMV (Gross Merchandising Value) sebesar 153% dibandingkan kuartal ketiga tahun 2017.

Pada periode tersebut, total adjusted income milik Shopee adalah USD 71,2 juta, atau jauh lebih tinggi dibandingkan angka yang tercatat di kuartal ketiga 2017.

Sejalan dengan banyaknya konsumen yang menggunakan smartphone untuk belanja online, estimasi nominal GMV yang dapat diraih Shopee berkisar antara USD 6,9 miliar hingga USD 7,3 miliar, alias sepertiga dari estimasi total GMV e-commerce yang dilaporkan oleh Google dan Temasek Holdings.(mul/mpr)

The post Shopee Ungguli Lazada dan Tokopedia Jadi e-Commerce Terpopuler appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4385/business/read-4385-global-tech-shopee-ungguli-lazada-dan-tokopedia-jadi-e-commerce-terpopuler-html.html/feed 0 4385
Google Pindahkan Rp 328 Triliun ke Bermuda https://onokopo.com/read/4381/business/read-4381-sains-google-pindahkan-rp-328-triliun-ke-bermuda-html.html https://onokopo.com/read/4381/business/read-4381-sains-google-pindahkan-rp-328-triliun-ke-bermuda-html.html#respond Thu, 24 Jan 2019 08:45:05 +0000 http://www.onokopo.com/?p=4381 Google menggunakan perusahaan shell Belanda untuk mengalihkan 23 miliar dolar AS atau sekitar Rp 328,92 triliun menyeberang ke Bermuda pada tahun 2017. Langkah ini dilakukan demi menghemat sejumlah besar pajak atas pendapatan internasionalnya. Raksasa teknologi AS menggunakan celah yang sama pada tahun 2016 untuk mengubah keuangannya, tetapi tahun ini jumlahnya meningkat sebesar empat miliar euro [...]

The post Google Pindahkan Rp 328 Triliun ke Bermuda appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
Google menggunakan perusahaan shell Belanda untuk mengalihkan 23 miliar dolar AS atau sekitar Rp 328,92 triliun menyeberang ke Bermuda pada tahun 2017. Langkah ini dilakukan demi menghemat sejumlah besar pajak atas pendapatan internasionalnya.

Raksasa teknologi AS menggunakan celah yang sama pada tahun 2016 untuk mengubah keuangannya, tetapi tahun ini jumlahnya meningkat sebesar empat miliar euro atau kisaran Rp 65 triliun (1 euro = Rp 16.297).

Transfer, yang secara teknis sah, ditunjukkan dalam dokumen yang diajukan di kamar dagang Belanda. Bermuda memiliki tarif pajak perusahaan 0,00 persen yang memberikan perusahaan induk Google Alphabet cara mudah untuk mengurangi pengeluarannya.

Google menggunakan perusahaan shell Belanda untuk mengalihkan 23 miliar dolar AS atau sekitar Rp 328,92 triliun menyeberang ke Bermuda.

Proses ini dikenal sebagai struktur ‘Double Irish Dutch Sandwich’. Ini berarti perusahaan mengalihkan pendapatannya dari perusahaan Irlandia ke perusahaan Belanda yang tidak memiliki karyawan.

Uang itu kemudian disimpan di kotak surat Bermuda yang dimiliki oleh perusahaan Irlandia lainnya. Google Netherlands Holdings tidak memiliki karyawan dan merupakan anak perusahaan dari Google Ireland Holdings.

Menurut dokumentasi dari Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, Google Ireland Holdings sendiri didirikan di Irlandia tetapi dikelola dan dikendalikan dari Bermuda.

Irlandia mereformasi hukumnya untuk menghentikan hal ini terjadi pada tahun 2015, tetapi perusahaan yang mengatur dengan struktur ini dapat terus beroperasi seperti ini hingga tahun 2020.

Adapun Google, terus bersikeras telah membayar semua pajak yang secara hukum wajib dibayarkan di semua negara di mana mereka beroperasi.

“Kami membayar semua pajak yang jatuh tempo dan mematuhi undang-undang pajak di setiap negara tempat kami beroperasi di seluruh dunia,” kata raksasa teknologi itu dalam sebuah pernyataan.

“Google, seperti perusahaan multinasional lainnya, membayar sebagian besar pajak penghasilan perusahaan di negara asalnya dan kami telah membayar tarif pajak efektif global sebesar 26 persen selama 10 tahun terakhir,” tambahnya. [Metro]

The post Google Pindahkan Rp 328 Triliun ke Bermuda appeared first on Portal Berita dan Komunitas.

]]>
https://onokopo.com/read/4381/business/read-4381-sains-google-pindahkan-rp-328-triliun-ke-bermuda-html.html/feed 0 4381